Program Darmasiswa, Dua Mahasiswa Asing akan Kuliah di IIB Darmajaya

 3,940 total views,  1 views today

BANDAR LAMPUNG  (lampungklik.com): Dua mahasiswa asing akan belajar selama satu tahun di kampus biru Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mulai 1 September 2018. Keduanya adalah Diana Aszodi dari Corvinus University of  Budafest, Hungaria dan Hoang Vole dari University of Economicg and Law, Vietnam.

“Keduanya adalah mahasiswa yang diundang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Program Darmasiswa 2018/2019,” kata Kabag International Office, Biro Humas, Kejasama, Pemasaran, dan International Office (BHKPI) IIB Darmajaya Rahmalia Syahputri, Selasa (21/8/2018).

Rahmalia juga mengatakan sebelum tiba di Kampus IIB Darmajaya, keduanya akan mengikuti orientasi kedatangan di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto Kav. 18-20, Jakarta Pusat. “Kami akan melakukan penjemputan di sana. Usai orientasi kedua mahasiswa asal Hongaria dan Vietnam itu akan mengikuti studi di kampus biru,” kata dia.

Selama di IIB Darmajaya, keduanya akan mengikuti kursus dan mata kuliah Bahasa Indonesia. Dan, mereka juga akan mempelajari seni, budaya, dan kepariwisataan Lampung. “Mereka merupakan dua dari 37 mahasiswa asing yang rencananya akan mengikuti kuliah di kampus ini. Sementara, 18 mahasiswa IIB Darmajaya juga mengikuti kuliah di sejulah kampus di empat negara di Asia dan ada yang juga kami kirim ke Rusia,” kata Rahmalia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Ir. Hi. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc, mengatakan sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengirimkan pemberitahuan kepada pihak kampus terkait kedatangan kedua mahasiswa asing tersebut. Kedatangan kedua mahasiswa asing itu diselenggarakan oleh Biro Pegelolaan Kerjasama ke Luar Negeri (PKLN) Kemendikbud.

“Info yang kami terima, kedatangan kedua mahasiswa itu pada 29 Agustus 2018. Kampus IIB Darmajaya merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia yang pengelola Program Darmasiswa tersebut. Kampus kami juga akan menerima puluhan mahasiswa asal Asia dan beberapa dari Eropa untuk kuliah di IIB Darmajaya selama enam bulan sampai satu tahun,” kata dia.

Menurut Rektor, mau kuliah ke luar negeri ternyata tidak harus mengeluarkan biaya besar. Kamu-kamu yang menguasai bahasa asing dengan baik, dan mampu meningkatkan prestasi akademik, kuliah di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya akan mewujudkan keinginan tersebut.

Sejak tiga tahun terakhir, kampus biru IIB Darmajaya sudah menggelar Program Student Mobility dan Program Joint Research. “Setiap tahun, kami selalu membuka peluang kepada mahasiswa IIB Darmajaya untuk mengikuti kuliah di luar negeri,” kata Firmansyah.

Terbaru, kata dia, sebanyak 19 mahasiswa IIB Darmajaya dinyatakan lolos seleksi program internasional keempat negara, yaitu ke Taiwan, Tiongkok, Vietnam, dan Malaysia. “Mereka hasil seleksi yang dilakukan Kantor Urusan Hubungan Internasional (KUHI) IIB Darmajaya 25 Mei lalu.”

Mereka, terdiri dari 17 mahasiswa Program Student Mobility dan 2 mahasiswa Program Joint Research. Dia juga menjelaskan tahun ini, mahasiswa akan diberangkatkan ke Duy Tan University di Vietnam, Cheng Shiu University dan Shih Chien University di Taiwan, Nantong Vocational University di Tiongkok, dan University Teknikal Malaysia Melaka di Malaysia.

Selain itu, saat ini beberapa mahasiswa sedang dalam proses seleksi student mobility ke beberapa perguruan tinggi di Rusia sebagai tindak lanjut kerjasama yang ditandatangani awal April lalu di Moskow dan Dubna. (**/KLIK1)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *