CEO DJ Corp: Program Smart Village Lahirkan Suplemen E-Voting Pilkades

 35,284 total views,  2 views today

BANDAR LAMPUNG (Lampungklik.com): E-Voting merupakan salah satu turunan dari Program Smart Village yang dimulai dari optimalisasi sistem informasi desa dengan penguatan data Adminduk Desa. “Dari sana baru lahirlah suplemen data untuk e-voting kades,” kata CEO Darmajaya Corporation (DJ Corp) Davit Kurniawan, Selasa (16/02/2021).

Davit juga menjelaskan perancangan, penyusunan dan implementasi dilakukan oleh Tim Smart Village Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bekerjasama dengan Pemda Provinsi Lampung. “Dari IIB Darmajaya oleh Bayu Nugroho, S.Kom., M. Eng yang juga dosen TK/SK dan saya sendiri dari DJ Corp,” kata alumni IIB Darmajaya itu.

Dia juga menjelaskan dalam menterjemahkan alur e-voting dalam pemilihan kepala desa yang sudah dilakukan asimilasi, lanjut Davit, mengacu pada aturan pemilihan umum (Pemilu) dan KPPS yang dituangkan oleh Yohanes Sulistyo, Kasi Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung dan tim. “Kolaborasi itu yang menghasilkan e-voting dalam Program Smart Village,” kata dia.

Davit juga menjelaskan dari optimalisasi Sistem Informasi Desa dengan penguatan Data Adminduk, pihaknya semula hanya membuat skema Tap e-KTP saja. Yaitu, menghubungkan Data Adminduk yang ada pada SID dengan perangkat RFID. Ide evoting kades/pilkakon oleh Bupati Pringsewu Hi. Sujadi sebelumnya, kata dia, menjadi ide e-voting.

“Tanpa beliau juga tidak akan ada pelaksanaan simulasi e-voting tersebut karena alat dan perangkat didanai oleh Pemkab Pringsewu melalui Dinas PMD Kabupaten Pringsewu. Kami terima kasih kepada Bapak Bupati Pringsewu yang sudah memfasiitasi ide salah satu Program Smart Village,” kata dia.

Sebelumnya, anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Provinsi Lampung, K.H. Abdul Hakim mengapresiasi konsep Smart Village di Desa Cintamulya, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut dia, upaya pemerintah pusat yang ingin menjadikan desa sebagai garda terdepan dalam pembangunan nasional dapat terwujud. “Dan, Desa Cintamulya bisa membuktikan hal itu dengan menjadi Desa Percontohan Smart Village,” kata dia, saat reses dalam rangka dialog dan menyerap aspirasi masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (14/02/2021). (**/KLIK1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *