Ini Loh 5 Tips Menjelang Ramadan dari Calon Wali Kota Bandar Lampung Firmansyah

 7,943 total views,  1 views today

BANDAR LAMPUNG (Lampungklik.com): Dua hari lagi umat muslim seluruh dunia akan melaksanakan puasa Ramadan 1441 Hijriyah. Tentu saja, ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya. “Sekalipun di tengah pendemi Corona yang menjangkiti dunia saat ini, bukan menjadi halangan untuk kita melaksanakan ibadah Ramadan,” kata Calon Wali Kota Bandar Lampung Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc, Rabu (22/4/2020).

Menurut Firmansyah, berbagai persiapan dilakukan umat Islam dalam menyambut ibadah puasa. Tidak hanya persiapan materi, tapi juga persiapan rohani mutlak diperlukan. “Namun demikian, umumnya banyak hanya berfokus pada persediaan makanan, pakaian, dan juga fisik, tapi melupakan persiapan jasmani dan rohani,” kata dia.

Untuk itu, calon wali kota yang berpasangan dengan Prof. Dr. Ir. RA. Bustomi Rosadi, M.S., ini membagikan lima tips yang dapat dipersiapkan dan dilakukan  menjelang datangnya bulan Ramadan 1441 Hijriyah. Menurut Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Lampung ini yang harus dilakukan selama Ramadan adalah perbanyak doa dan amalan.

“Berdoa kepada Allah SWT sudah menjadi kewajiban bagi para umat muslim. Menjelang Ramadan kita hendaknya senantiasa berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Selain berdoa, kita juga perlu memperbanyak amalan kebaikan. Kebaikan kecil dapat kita lakukan secara sederhana, mulai dari memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi,” kata dia.

Selanjutnya, lanjut Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya itu, adalah bertaubat. Menurut dia, bertaubat dalah salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum bulan Puasa datang. “Manusia tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bertaubat dan meminta ampunan Allah SWT,” kata Bang Firman—panggilan akrab Firmansyah.

Sedangkan yang ketiga, lanjut Bang Firman, menguatkan niat. Dia menjelaskan ibadah yang sempurna adalah ibadah dengan ikhlas dan tulus. “Sebelum bulan Ramadan datang, kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari Ridho Allah semata, tanpa ada niatan yang lainnya. Fokuskan tujuan ibadah hanya untuk menghadap Allah SWT,” kata dia.

Firmansyah juga mengajak umat muslim terutama kaum milenial untuk melakukan ibadah sunnah sebanyak mungkin. Menurut dia, hal yang dapat kita persiapkan adalah memperbanyak ibadah sunnah. Dia menjelaskan tidak ada salahnya kita melatih diri dengan melaksanakan solat sunnah atau puasa sunnah.

Dengan melakukan ibadah sunnah seperti puasa senin kamis, kita dapat berlatih agar nantinya di bulan puasa Ramadan kita telah memiliki bekal untuk menjalaninya dengan baik. “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa,” kata dia, mengutif salah satu hadist HR. Tirmidzi.

Selanjutnya, kata calon Wali Kota Bandar Lampung dalam kontestasi politik 2021-2024 itu adalah memperbanyak membaca Alquran. “Membaca Alquran tidak hanya mendapatkan pahala serta kebaikan, tapi juga mendatangkan ketenangan hati dan pikiran. Dengan begitu, kita dapat menyambut datangnya bulan Puasa dengan hati dan pikiran yang lebih baik,” kata Firmansyah. (**/KLIK1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *