Pakar Motion Tracking System IIB Darmajaya ini, Selesaikan Doktor di Universiti Brunei Darussalam

11,209 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

BANDAR LAMPUNG (lampungklik.com): Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sekaligus pakar di bidang Motion Tracking System, Joko Triloka, S.Kom., M.T., Ph.D., telah menyelesaikan studinya di Universiti Brunei Darussalam.

Dia lulus dari program Doctoral Computer Science, Universiti Brunei Darussalam dan telah diwisuda pada Oktober 2018 lalu. Dengan disertasinya yang berjudul An Integrated Knee-Flexion Analysis and Pattern Recognition System Based on Multi Sensor Data Fusion.

Saat ditemui Jumat (27/12/2018) lalu, Kepala Information and Communication Technology (ICT) Center IIB Darmajaya ini menjelaskan, dalam disertasinya ia melacak pergerakan otot di sekitar lutut kaki yang meliputi pelacakan (tracking), melihat pergerakan, dan rekonstruksi ulang berdasarkan dari data image (gambar) lutut yang kemudian diproses menggunakan metode image processing.

Kemudian, kata dia, gambar otot di sekitar lutut diperoleh dari pergerakan subyek yang di-capture dari sistem kamera 3D. Sistem bisa mendeteksi kondisi otot subyek apakah dalam kondisi normal atau injured (kondisi sakit). Sistem ini juga dapat mendeteksi performance atau kekuatan otot dari subyek.

“Penelitian ini dapat diaplikasikan di bidang medical, sport science dan militer untuk  mengecek kondisi kesehatan lutut seseorang. Bermanfaat sebagai treatment untuk tentara, atlet, ataupun pasien yang sedang dalam masa perawatan,” ujar Founder Indonesian Motion Tracking System Community ini.

Penelitian yang dilakukan dosen jurusan Teknik Informatika IIB Darmajaya ini telah dipublikasikan dalam jurnal internasional yakni Neural Computing and Applications dan Journal of Musculoskeletal Research.

Menanggapi hal ini, Rektor IIB Darmajaya, Ir. H. Firmansyah Y Alfian, MBA., M.Sc mengucapkan selamat kepada Joko Triloka, S.Kom., M.T., Ph.D., yang telah menyelesaikan studi doktor dari Universiti Brunei Darussalam.

Ia mengatakan secara berkala setiap tahunnya, IIB Darmajaya mendukung dan memfasilitasi para dosen untuk melanjutkan studi doktor melalui pemberian beasiswa, baik di dalam maupun luar negeri.

“IIB Darmajaya kembali menambah doktor baru. Kehadiran para dosen dan pakar yang mumpuni di bidangnya diharapkan meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan mahasiswa dan lulusan berkualitas,” kata Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Lampung itu.

Firmansyah juga mengatakan semua program studi di Fakultas Ilmu Komputer serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis di IIB Darmajaya telah terakreditasi B, khusunya jurusan Manajemen telah terakreditasi A. “Bahkan, Prodi di Magister Teknik Komputer dan Magister Manajemen kami juga terakreditasi B,” kata dia. (*/KLIK1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *